Sabtu, 08 April 2017

Tugas Menyusun Langkah-langkah Pengembangan Media Pembelajaran

Tugas Menyusun Langkah-langkah Pengembangan Media Pembelajaran
Nama : Vina Aprilia
NIM : ACC 114 013

Pengertian Multimedia
Berikut merupakan pengertian multimedia menurut para ahli :

  • Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
  • Multimedia secara umum merupakan kombinasi dari tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick, 1996).
  • Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002).
  • Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).

Salah satu contoh dari aplikasi multimedia adalah macromedia flash.
Apa itu macromedia flash?
Macromedia flash  merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain dan membangun perangkat presentasi, publikasi, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan ketersediaan sarana interaksi dengan penggunanya. Dengan macromedia flash kita dapat membuat animasi, games, user interface, aplikasi FMA, dan reach internet application (RIA).

Berikut ini saya akan memaparkan langkah – langkah pengembangan media pembelajaran macromedia flash.
1. Melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi.
2. Menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh peserta didik.
3. Merancang atau membuat macromedia flash yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh peserta didik. Selain itu macromedia flash dirancang dengan memperhatikan aspek-aspek seperti kondisi siswa, fasilitas pendukung, waktu yang tersedia dan kemampuan penyaji (guru) untuk menggunakannya dengan tepat, agar peserta didik dapat mecapai tujuan pembelajaran.
4. Mengembangkan macromedia flash.
5. Melakukan uji coba tahap pertama macromedia flash. Pada tahap ini diperlukan komentar atau saran untuk perbaikan macromedia flash yang diperoleh dari ahli, teman sejawat, guru, dan peserta didik.
6.  Melakukan revisi terhadap macromedia flash dari komentar dan saran perbaikan yang diperoleh.
7. Melakukan uji coba tahap kedua dari macromedia flash yang telah direvisi. Pada tahap kedua ini juga diperlukan komentar atau saran untuk perbaikan macromedia flash yang diperoleh dari ahli, teman sejawat, guru, dan peserta didik.
8. Mendesiminasikan dan mengimplementasikan produk akhir dari macromedia flash.

Rujukan dalam membuat langkah – langkah  pengembangan media pembelajaran ini saya peroleh dari blog dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran yaitu Pak Nopriawan Berkat Asi, S.Si.,M.Pd yang dapat dilihat di :
http://www.kampus-digital.com/2017/02/pengembangan-media-pembelajaran_21.html
(diakses pada tanggal 08/04/2017 pada pukul 09.00 WIB)

Sumber lain :


  • Sumar, Warni Tune dan Intan Abdul Razak. 2016. Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Yogyakarta : Deepublish.
  • Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Andi.
  • Wahyono, Teguh. 2006. 36 Jam Belajar Komputer Animasi dengan Macromedia Flash 8. Jakarta : PT. Alex Media Komputido. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar